Saturday, December 18, 2010

Linux / Unix Command: adduser

NAME
useradd – membuat sebuah pengguna baru atau mengupdate informasi default user baru.
SYNOPSIS
useradd [-c comment] [-d home_dir]

[-e expire_date] [-f inactive_time]
[-g initial_group] [-G group[,…]]
[-m shell] [-u uid] login
useradd –D [-g default_group] [-b default_home]

[-e default_expire_date] [-f default_inactive]
[-s default_shell]


DESCRIPTION

Creating New User
Ketika dijalankan tanpa opsi -D, perintah useradd menciptakan akun user baru menggunakan nilai yang ditetapkan pada baris perintah dan nilai-nilai default dari sistem. Account pengguna baru akan dimasukkan ke dalam sistem file yang diperlukan, direktori home akan dibuat, dan file awal disalin, tergantung pada opsi baris perintah. Versi yang disediakan dengan Red Hat Linux akan membuat grup untuk setiap pengguna ditambahkan ke sistem, kecuali opsi –n diberikan. Pilihan yang dapat digunakan pada perintah useradd adalah:
-c comment
The new user’s password file comment field.

-d home_dir
User baru akan dibuat dengan menggunakan home_dir sebagai nilai untuk direktori user yang login. Default-nya adalah menambahkan nama login untuk default_home dan menggunakannya sebagai nama directory login.

-e expire_date
Tanggal dimana user account akan dinonaktifkan. Tanggal ditulis dalam format YYYY-MM-DD.

-f inactive_days
Jumlah hari setelah password kadaluarsa hingga account tersebut dinonakitfkan secara permanen. Nilai 0 mematikan account segera setelah password kadaluarsa, dan nilai -1 menonaktifkan fitur tersebut. Nilai default adalah -1.

-g initial_group
Nama group atau angka initial login kelompok pengguna. Nama group harus sudah ada. Seorang anggota group harus merujuk pada group yang sudah ada. Nilai group default adalah 1 atau apa pun yang ditentukan di /etc/default/useradd.

-G group,[…]
Daftar group tambahan yang user juga merupakan anggota. Setiap kelompok dipisahkan menggunakan koma, tanpa spasi. Kelompok-kelompok tunduk pada pembatasan yang sama seperti kelompok diberikan dengan opsi -g. Standarnya adalah bagi pengguna hanya milik kelompok awal.

-m
Direktori home Para pengguna akan dibuat jika tidak ada. File-file yang terdapat dalam skeleton_dir akan disalin ke direktori home jika opsi -k yang digunakan, jika tidak maka file yang terdapat di /etc/skel akan digunakan sebagai gantinya. Setiap direktori terkandung dalam skeleton_dir atau /etc /skel akan dibuat di direktori home pengguna juga. Pilihan -k hanya berlaku dalam hubungannya dengan opsi -m. Defaultnya adalah untuk tidak membuat direktori dan untuk tidak menyalin setiap berkas.

-M
Direktori home user tidak akan dibuat, bahkan jika pengaturan lebar sistem dari /etc /login.defs adalah untuk menciptakan home dirs.

-n
Sebuah kelompok yang memiliki nama yang sama dengan user yang ditambahkan ke sistem akan dibuat secara default. Opsi ini akan menonaktifkan perilaku tertentu Red Hat Linux ini

-o
Izinkan membuat pengguna dengan duplikat (non-unique) UID.

-p passwd
Password dienkripsi, seperti yang dikembalikan oleh crypt (3). Defaultnya untuk menonaktifkan account.

-r
Bendera ini digunakan untuk membuat account sistem. Artinya, user dengan UID yang lebih rendah dari nilai UID_MIN didefinisikan di /etc /login.defs dan password yang tidak akan berakhir. Perhatikan bahwa useradd tidak akan membuat home directory untuk user semacam ini, terlepas dari setting default di /etc/login.defs. Anda harus menyebutkan option -m jika Anda ingin membuat home directory untuk sebuah system account yang akan dibuat. Ini adalah pilihan yang ditambahkan oleh Red Hat.

-s shell
Nama shell login pengguna. Default-nya adalah membiarkan field ini kosong, yang menyebabkan sistem untuk memilih login shell yang default.

-u uid
Nilai numerik dari ID pengguna. Nilai ini harus unik, kecuali jika option -o digunakan. Nilainya harus non-negatif. Default adalah menggunakan nilai ID terkecil yang lebih besar dari 99 dan lebih besar dari setiap pengguna. Nilai antara 0 dan 99 biasanya disediakan untuk account sistem.

Changing the default values
Ketika dijalankan dengan opsi -D, useradd akan menampilkan nilai default, atau memperbarui nilai default dari baris perintah. Pilihan yang valid adalah:

-b default_home
Awalan awal path untuk direktori home pengguna baru. Nama pengguna akan ditempelkan di akhir default_home untuk membuat nama direktori baru jika option -d tidak digunakan saat membuat account baru.

-e default_expire_date
Tanggal dimana user account dinonaktifkan.

-f default_group
Jumlah hari setelah password kadaluarsa sebelum account akan dinonaktifkan.

-g default_group
Nama group atau ID untuk grup awal pengguna baru. Kelompok bernama harus ada, dan nomor group ID harus mempunyai entry.

-s default_shell
Nama login shell pengguna baru. Program bernama akan digunakan untuk semua account pengguna baru masa depan.

No comments:

Post a Comment