Monday, January 3, 2011

Teknologi Terbaik 2010 (versi Vivanews) Bag. I

1. Apple iPad
Apple memang bertangan dingin dalam menelurkan sebuah produk elektronik. Perusahaan ini tahu betul cara mengemas sebuah produk yang bahkan oleh para pesaingnya sudah tidak dilirik lagi. Setelah bertahun-tahun komputer tablet gagal dipopulerkan oleh Microsoft, Apple menjadikan 2010 sebagai awal kebangkitan komputer tablet.

Apple tak memindahkan semua fungsi laptop ke dalam tablet ini, namun secara brilian membawa aspek-aspek hiburan ringan seperti video, musik, game, internet dan buku atau koran digital ke dalam iPad, dengan sentuhan jari yang mengasyikan.

Salah seorang analis mengatakan, bahwa iPad adalah perangkat elektronik non ponsel yang paling cepat terjual sepanjang sejarah. Tak heran bila kemudian para vendor komputer berbondong-bondong mengikuti jejak Apple membuat 'pad-pad' yang lain.


2. AR Parrot Drone
AR Parrot Drone adalah pesawat mainan generasi mutakhir yang sangat canggih. Tak seperti pesawat berkendali jarak jauh lain, ia memanfaatkan iPhone dan iPad sebagai kontroler melalui jaringan WiFi.

Kemampuannya untuk melayang secara stabil di udara didapatkan berkan akselerometer, gyrometer, dan altimeter ultrasound. Diimbangi lagi dengan keleluasaan kontrol penggunaanya melalui kamera dan sensor lain secara otomatis dapat menyesuaikan kerja empat motor yang dikendalikan oleh propeler.

Asyiknya lagi, melalui layar iPhone dan iPad, pengguna juga bisa bermain video game berteknologi Augmented Reality, yang akan mensimulasikan kehadiran pesawat-pesawat musuh secara virtual. Sangat Keren.

3. Neato X-11
Neato X-11 adalah robot pembersih rumah yang murah dengan teknologi yang canggih. Robot ini menggunakan sistem laser untuk memetakan lantai yang hendak dibersihkan. Robot yang menggunaka teknologi Room Positioning System (RPG) bisa secara otomatis menghindari rintangan dan memapu mendeteksi benturan.

Ia mengetahui mana dinding, furniture, pintu, dan benda setinggi hingga 4 meter. Dengan tubuhnya yang kurang dari 4 inchi (sekitar 10 cm), robot ini bisa masuk kolong tempat tidur atau kursi untuk membersihkan kotoran yang tak terjangkau.

Setelah selesai membersihkan rumah, robot ini secara otomatis akan kembali ketempatnya semula untuk mengecas baterai. Robor seharga $ 400 USD (Rp 3,6 jt) ini bisa diprogram untuk membersihkan rumah setiap hari. Agar rumah tetap bersih.

4. Martin Jetpack
Martin Jetpack adalah kendaraan masa depan yang mampu membawa penggunanya melayang ke udara bagaikan James Bond. Sebelum seorang penemu asal New Zealand menghabiskan hampir 30 tahun mengembangkan "pakaian jet" sejenis yang kurang praktis, bernama Bell Rocket Belt, pada tahun 1961.
Namun, Martin Jetpack bisa dikatakan sebgai Jetpack pertama yang bisa secara praktis digunakan. Alat ini memiliki frame yang terbuat dari komposit serat karbon, dengan mesin berkapasitas 200 HP (tenaga kuda) - bahkan lebih bertenaga dari sedan Honda Accord - yang menggerakkan sepasang rotor dari bahan karbon-Kevlar. Secara teoritis, Martin Jetpack bisa membawa penggunanya mengudara hingga 8.000 ft atau 2.438,4 meter.

Namun, kendaraan yang berbahan bakar bensin ini cuma bisa digunakan selama 30 menit. Martin Jetpack akan menghadapi serangkaian test tahun depan, dan rencananya akan dijual sekitar US$ 100 ribu atau sekitar Rp. 900 jt. --"

5. Semen Karang Calera
Semen yang ada saat ini terbuat dari batu kapur. Namun, biasanya semen dari batu kapur memerlukan proses pemanasan hingga mencapai temperatur 1.426 derajat Celcius atau 2.600 derajat Fahrenheit. Pemanasan ini membuat batu kapur melepaskan Carbon Dioksida. Departemen energi AS mengatakan bahwa produksi semen merupakan sumber terbesar emisi karbon dioksida AS selain konsumsi bahan bakar fosil.

Oleh karenanya, seorang pakar biologi keautan bernama Brent Constanz kemudian membuat sebuah semen dari batu karang dengan menambahkan kombinasi kalsium dan karbonat. Hasilnya, semen karang ini tak kalah dengan semen biasa.

Pabrik semen Calera milik Constanz yang mampu memproduksi 1100 ton  semen batu karang perhari, bisa mengurangi 550 mengurangi emisi karbon dalam jumlah signifikan.

Sumber: disini.

No comments:

Post a Comment